Wednesday, March 21, 2012

Kalsium Tiens,Dengan Penyerapan Tertinggi Di Dunia (95%)


KENAPA KALSIUM PENTING?

Kalsium Penyeimbang Tubuh
Inti dari pengobatan China adalah menciptakan keseimbangan tubuh. Karena tubuh yang seimbang (harmonis) akan mampu melawan penyakit secara alami. Mineral, terutama KALSIUM, memegang peranan penting untuk keseimbangan tubuh dan kesehatan. Kalsium adalah mineral yang sangat penting bagi tubuh kita. Salah satu fungsinya adalah membentuk tulang dan menjaganya agar tetap sehat dan kuat.
Tetapi ingat, fungsi kalsium bukan hanya untuk tulang. 90 % kalsium berada di tulang dan gigi. Sedangkan 1 % sisanya beredar di dalam darah. Hal ini sangat penting dalam kehidupan dan kesehatan. (Sumber : calcium.info)
Kalsium dibutuhkan dalam proses metabolisme tubuh, transmisi syaraf, pengaturan detak jantung, konstraksi otot, membantu proses pembuahan (keberhasilan proses kehamilan), mempercepat pembekuan darah, mengaktifkan sistem pertahanan tubuh, dan lain-lain.

Fungsi 1% Kalsium dalam Tubuh
Pengakit Jantung
Jantung memegang peranan penting dalam hidup. Walau besarnya hanya segenggam tangan, tapi secara berkelanjutan jantung memompa darah ke setiap sel di seluruh tubuh. Pemompaan ini tergantung pada gerakan mengempis (conctraction) dan mengembang (ecpansion) otot jantung (cardiac muscle). Untuk melakukan gerakan-gerakan ini , otot-otot jantung membutuhkan  masukan dan penggunaan energi. INI TIDAK BISA DILAKUKAN TANPA KALSIUM.
Ketika jantung mengerut (constrict) ion kalsium mengatur ritmenya. Jika kita lihat ke dalam sel otot jantung, kita akan melihat ketika kalsium masuk ke dalam sel. Mineral ini akan mengaktifkan protein dan menyebabkan gerakan dari otot jantung. Hal ini membuat otot jantung  mengempis dan mengembang terus menerus dan membuat kita tetap hidup.
Kekurangan kalsium akan melemahkan kemampuan otot jantung untuk mengembang dan mengempis. AKIBATNYA AKAN MEMUNCULKAN BERBAGAI PENYAKIT JANTUNG. Beberapa test membuktikan ketika kita memberikan ion kalsium kepada jantung yang lemah, jantung secara bertahap akan mendapatkan kembali tenaganya. Sehingga ini menunjukkan betapa pentingnya kalsium dalam menjaga detak jantung.
Dengan kata lain, BATU BATERE JANTUNG ANDA adalah KALSIUM. Jika kekurangan kalsium maka jantung Anda seperti ponsel lowbet.

Gairah Seksual & Kesuburan
Dalam proses pembuahan, sperma bergerak ke ovum dengan energi yang diberikan kalsium. Para ilmuwan tercengang mengetahui bahwa ternyata komponen kalsium berada di ujung depan sperma. Kalsium inilah yang membantu masuk ke dalam membran sel telur. Maka fertilisasi (pembuahan bibit manusia) akan segera terjadi.
Selanjutnya kalsium juga berperan penting untuk menciptakan getaran kalsium (calcium vibration) yang merangsang ovum (sel telur) untuk mampu terjadinya pembuahan (fertilisasi).

Pertumbuhan Tidak Normal (Kalsium Dibutuhkan Untuk Pertumbuhan)
Kalsium mempunyai peran penting sekali bagi pertumbuhan bayi dalam rahim serta masa pertumbuhan anak-anak. Bayi dan anak-anak yang kekurangan kalsium akan terhambat pertumbuhannya, daya tahan tubuh jadi lemah (mudah sakit-sakitan), bahkan mempengaruhi kecerdasannya. Karena itu ibu hamil dan menyusui sangat membutuhkan kalsium karena banyak sekali kalsium dari tubuhnya yang diambil untuk kebutuhan si baby.

Rematik, Kram, Sakit Otot, Sakit Pinggang, dsb. (Kalsium adalah Penggerak Otot Organ-Organ Tubuh).
Stimulasi gerak otot kerangka digerakkan oleh ion kalsium. Begitu juga pemadatan dan pereganggan otot kerangka. Seperti tentara, kalsium membantu semua pergerakan tubuh. Selama konstraksi otot dan ketika serat syaraf diaktifkan, ion kalsium masuk ke dalam sel. Kepadatan kalsium merupakan standar dasar yang mengatur konstraksi otot.
Kalsium tersimpan di otot yang sebagian besar berada di jaringan plasma myo di otot. Jaringan myo plasma merupakan jaringan transportasi untuk transmisi ion kalsium. Ketika tubuh berkonstraksi, otot tulang keluar, kalsium lompat dari plasma masuk ke dalam sel. Ion kalsium membantu otot untuk meregang. Kejadian ini terjadi sangat cepat.
Jika keseimbangan otot rusak karena suatu sebab, otot halus dan otot jantung menjadi tidak normal. Dan mengakibatkan kita kehilangan kemampuan untuk mengontrol tubuh.

Diabates. (Kekurangan Kalsium Menyebabkan Kerusakan Pankreas)
Diabetes (kencing manis) merupakan terganggunya metabolisme umum. Tenaga penderita akan berkurang dari ke hari. Melalui urine, selain gula, sejumlah kalsium juga dibuang. Kekurangan kalsium memperkuat gejala diabetes. 60 % penderita diabtes menderita osteoporosis. Karena itu kekurangan kalsium juga merupakan masalah serius penderita diabetes. Penderita diabetes harus memberi perhatian lebih pada penyediaan kalsium melalui makanan atau sumber lain untuk mengembalikan fungsi vital organnya, yaitu terutama pankreas.

Penyakit Berhubungan Dengan Syaraf
Kalsium mempunyai peranan penting untuk proses pelepasan neuro transmitter (sinyal-sinyal otak). Transfer ion kalsium dari dalam dan luar sel syaraf sangat dekat hubungannya dengan mengaktifkan dan mengistirahatkan pesan otak.
Ketika tubuh kekurangan kalsium, pelepasan syaraf pesan akan terhambat dan mekanisme pengaktifan atau pengistirahatan juga akan rusak. Akibatnya, anak-anak tidur kurang nyenyak, gelisah (fidgeting) dan rewel, susah tidur (insomnia), dan hiperaktif.
Pada orang setengah baya dan orang tua, gejala kekurangan kalsium adalah :
-          Stubbornness
-          Mood sings
-          Divers neurosmatic
-          Loss of retentive memory
-          Lower  resistance
-          Neurosmemic
-          Senile dementia (pelupa dan pikun)
Semua gejala tersebut akibat penurunan fungsi sistem syaraf.
Memenuhi kebutuhan kalsium  tidak hanya membantu pemulihan, tapi juga bisa membantu tingkatkan kemampuan intelektualitas dan fungsi otak. Karena itulah menggunakan supplemen kalsium sangat penting baik untuk mencegah dan menyembuhkan tidak berfungsinya sistem syaraf.

Tidak Berfungsinya Sistem Pertahanan Tubuh Secara Maksimal
Ketika kuman asing, virus, racun atau serangan penyakit masuk dalam tubuh, sistem pertahanan (immune system) bereaksi sebagai pelindung dari penyerang dan menolak unsur asing yang masuk. Ion-ion kalsiumlah yang pertama kali memberikan tanda bahaya tentang masuknya serangan bahaya. Kemudian ion klasium memerintah sistem pertahanan tubuh untuk beraksi dan menaklukan musuh dengan mengubah bentuk dan menghancurkannya.
Di sini kita bisa melihat pentingnya kalsium dalam mengatifkan sistem kekebalan tubuh. Ketika orang kekurangan kalsium, sistem kekebalan tubuh kacau. Seperti sebuah negara yang armada tempur dan kekuatan militernya lemah sekali
Beberapa masalah yang muncul antara lain masalah kulit seperti : kulit bopeng (scabby skin), radang kulit (dermatitris), dan jerawat (acne). Rematik juga merupakan gejala umum yang sering muncul pada orang dengan kekurangan kalsium.
Suplemen kalsium akan meningkatkan sistem pertahanan tubuh dan punya efek penyuembuhan  (currative effect) terhadap penyakit tersebut. Kalsium juga melindungi kulit dan meningkatkan penampilannya.

Darah Tinggi dan Penyempitan Pembuluh Darah
Arteriosclerosis atau penyempitan pembuluh nadi merupakan bukan peradangan (non-inflammatory). Ini merupakan penyakit perubahan jalan darah arteri. Jika Anda ke kota Jakarta, jalan-jalan utama seperti Gatot Subroto dan Rasuna Said merupakan jalan arteri. Bayangkan jika jalan utama mengalami kemacetan. Maka Jakarta pun bisa mengalami tekanan darah tinggi dan stroke J
Penyembitan pembuluh darah mengakibatkan pembuluh mengental, mengeras, dan kehilangan elastisitas. Akhirnya arus darah tersendat seperti mobil-mobil di Jakarta yang terjebak macet. Ini diakibatkan oleh zat lemak yang bertumpuk dan menutuh aliran darah serta meningkatkan beban gangguan serat pembuluh (fibrous matter).
Ketika tubuh kekurangan kalsium dan kalasium dalam darah berkurang, the parathyroid mengirim perintah yang mengakibatkan kalsium dari tulang keluar lalu masuk ke dalam darah. Peleburan kalsium dari tulang, mengakibatkan masalah dalam pembuluh darah, kalsium menangkap lemak di sana, dan mengakibatkan pembuluh darah jadi menebal dan keras sehingga semakin kurang elastis.
Arteriosclerosis merupakan penyebab utama terjadinya tekanan darah tinggi/hipertensi, dan penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah jantung dan otak (coronary dan cerebal  vascular disease). Tentu sangat membahayakan kelangsungan jiwa kita.

Kesimpulan
Kalsium memegang peranan sangat penting dalam tubuh kita. Sehingga kekurangan kalsium dapat menyebabkan 100 macam penyakit.
Hasil riset menunjukkan bahwa rata-rata orang di dunia belum mencukup rata-rata kebutuhan kalsium harian. Padahal di beberapa negara maju, rata-rata mereka sudah mengkonsumsi susu dan keju. Bagaimana dengan di Indonesia?
Ternyata di Indonesia lebih memprihatinkan. Orang Indonesia yang sejahtera saja baru memenuhi kalsium 250 mg/hari. Masih kekurangan 750 mg/hari. Lalu bagaimana dengan yang belum sejahtera?
Maka tidaklah mengherankan Indonesia merupakan negara terbesar pengidap berbagai penyakit berat pembunuh seperti : jantung, osteoporosis, diabetes, dan kanker

Kebutuhan Kalsium Berdasarkan Usia
Umur                                                                    Kebutuhan Harian
0 – 6 bulan                                                          210 mg/hari
6 – 12 bulan                                                        270 mg/hari
1 – 3 tahun                                                          500 mg/hari
4 – 8 tahun                                                          800 mg/hari
9 – 18 tahun                                                       1.300 mg/hari
Dewasa 19 – 50 tahun                                    1.000 mg/hari
Dewasa 51 tahun ke atas/menopause    1.200 mg/hari
Sumber : National Academy of Sciences Institute of Medicine in Augst 1997
Kalsium dibutuhkan dalam proses metabolisme tubuh, transmisi syaraf, pengaturan detak jantung, konstraksi otot, membantu proses pembuahan (keberhasilan proses kehamilan), mempercepat pembekuan darah, mengaktifkan sistem pertahanan tubuh, dan lain-lain.

 

No comments:

Post a Comment